Selamat datang dan bergabung dengan blog gatot kaca terbang

Minggu, 18 April 2010

MENJADI TELADAN




Hari ini, Senin 18 April 2010, Mesin absen menunjukkan pukul 06.50,.. ku percepat sedikit langkahku menuju ruang guru. Belum sampai di ruang guru sudah ada "pagar kedisiplinan" yang menunggu di depan meja piket,.. yaitu bapak kepala sekolah yang selalu menunggu para murid dan guru yang berdatangan hadir ke sekolah.

Sedikit ku melirik ke arah lapangan basket tempat upacara. Ternyata sudah banyak murid dan para guru yang berkumpul di tempat itu. para guru mengenakan dasi dan para murid mengenakan dasi dan topi.

Sampailah aku di lantai 2, di ruang guru,..

Tinggal aku dan beberapa orang guru yang belum ke lapangan tempat upacara. Ku kenakan dasi sebagai "acessories pemantas" dan biar agak keliatan "keren-an" dikit.

Salah seorang guru tengah menyiapkan barisan para murid dengan sedikit agak emosi dikarenakan barisan yang dikomandoinya masih saja belum rapih. Aku mengambil posisi barisan di belakang bersama anak-anak. Aku mencoba merapikan barisan yang masih kurang lurus dan agak mencong-mencong. Alhamdulillah kelas 7 dan 8 sudah dapat berbaris dengan baik dan rapih. Sementara kakak kelas, yaitu kelas 9 masih belum bisa rapih dalam barisan dan belum bisa diam dalam berbicara, ngobrol dan nge-gosip di dalam barisan.

Yah,... kelas 9 menjadi contoh yang kurang baik pada saat itu. Hal itu kemudian menjadi penyakit menular dalam sebuah barisan upacara. Terutama menularkan penyakit suka ngobrol dan tidak rapih dalam barisan. Dan hal ini menjadi penyakit yang menulari adik adik kelas mereka kelas 7 dan 8.

Kesimpulan : Dalam sebuah barisan apapu. Jika ada satu dua orang yang tidak amanah pada pekerjaannya. Kerjanya ngobrol dan nge-gosip. Serta tidak lurus dalam niat dan tidak lurus dalam barisan hingga mengakibatkan barisan tidak rapih. Maka, organisasi tersebut tidak akan berjalan dengan baik dan tidak berjalan dengan nyaman. Karena sudah tidak adanya keteladanan. -ddy-

1 komentar:

  1. yap... sebuah penyakit akan mendorong penyakit yang lain... apalagi penyakit itu yang langsung kena dampaknya......
    ada yang kesindir tuh dengan 'agak esmossi'

    BalasHapus